Login
Form Surat Online

Register

Link Lainnya

Panduan E-Service



Informasi Pengunjung

FISIP Untirta Berkomitmen Membangun Prodi Unggul

PDF Cetak E-mail
Rabu, 02 Desember 2015 09:21



Serang;
Perguruan tinggi di Indonesia saat ini dituntut untuk terus meningkatkan mutu dalam meraih keunggulan di bidangnya. Melalui peningkatan mutu, program studi diharapkan mampu bersaing baik di tingkat nasional, maupun tingkat internasional.  Terlebih tingkat kompetisi antar program studi kian hari kian ketat.

 

FISIP Untirta sangat menyadari tak ada pilihan lain bagi Program Studi agar bisa bersaing selain terus berupaya meningkatkan mutu, baik mutu dalam proses maupun mutu dalam produk  lulusan pendidikannya. Dalam rangka ini,  FISIP Untirta mengelar Workshop Peningkatan Mutu Akademik Program Studi, Senin (30/11/2015) di Aula Saung Edy, Jl Bhayangkara Kota Serang.

 

Acara yang diikuti oleh seluruh civitas akademika FISIP Untirta, baik dosen, staf maupun perwakilan mahasiswa menghadirkan dua orang pembicara. Pertama, Prof. Dr. H Sunarto, M.Si, assesor BAN PT yang juga Rektor Univ Moestopo Beragama Jakarta dan kedua Dr. Rusmana, MP, ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Untirta.

 

Sunarto mengatakan, perguruan tinggi yang sehat dan bermutu harus memenuhi standar manajemen berbasis akreditasi. Pun menerapkan dokumentasi dan kearsipan berbasis akreditasi. Indikator sederhana bermutu dalam proses dan produk pendidikan adalah kepuasan mahasiswa dan dosen serta pengakuan akan kompetensi lulusan sebuah program studi dari user.

 

“Perlu komitmen kuat bagi pengelola perguruan tinggi untuk menanamkan budaya mutu. Budaya mutu harus menjadi nafas seluruh kegiatan program studi.  Pembiayaan juga harus diorientasikan untuk mencapai budaya mutu. Jika ini dilakukan, akreditasi A bukan menjadi sesuatu yang sulit dicapai,” katanya.

 

Sementara, Rusmana menjelaskan bahwa LP3M Untirta berupaya mendorong peningkatan mutu pada seluruh program studi di Untirta dengan beberapa program. “Kami terus mengevaluasi, berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan unit penjamin mutu fakultas maupun prodi di lingkungan Untirta,” ujarnya.

 

Rusmana menilai, prodi di FISIP Untirta   termasuk program studi yang memiliki keunggulan mutu cukup baik dibandingkan prodi lain di Untirta. “Prodi Ilmu komunikasi misalnya, nilai akreditasi “B” yang telah dimiliki sebenarnya hanya kurang 6 point saja untuk mencapai nilai “A”, ungkap Rusmana. (Laporan: Idi Dimyati). 

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 02 Desember 2015 11:04
Bantuan
LiveZilla Live Chat Software